Wednesday, December 19, 2012

Contoh Fakta, Konsep, dan Generalisasi


I.       SOAL
Identifikasi fakta, konsep, dan generalisasi dari ilmu-ilmu sosial, pilih tiga dari tujuh ilmu sosial yang ada dan buat fakta minimal 5, konsep minimal 5, dan generalisasi minimal 3!
II.    JAWABAN
1.      Geografi
·         Fakta
a.       Wilayah kepulauan Indonesia terletak antara 60LU-110LS dan 950BT-1410BT.
b.      Wilayah Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.
c.       Pada tanggal 26 Desember 2004, di NAD terjadi gempa bumi dengan kekuatan 8,9 richter yang disertai dengan tsunami.
d.      Wilayah Indonesia dibagi menjadi 3 wilayah waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).
e.       Letak Indonesia berada diantara empat lempengan besar yang saling berinteraksi, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, lempeng Filipina, dan lempeng Pasifik.
·         Konsep
a.       Lokasi
b.      Posisi
c.       Gempa bumi
d.      Wilayah waktu
e.       Lempeng
·         Generalisasi
a.       Wilayah kepulauan Indonesia terletak antara 60LU-110LS, oleh karena itu negara kita beriklim tropis. Wilayah dengan iklim tropis memiliki curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, serta suhu udara dan kelembapan yang juga relatif tinggi.
b.      Wilayah Indonesia yang terletak antara dua benua dan dua samudera menyebabkan wilayah Indonesia beriklim muson atau musim. Iklim muson menyebabkan wilayah Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.
c.       Indonesia merupakan daerah yang memiliki potensi gempa bumi sebagai akibat dari adanya gerakan lempeng-lempeng. Pada daerah pertemuan lempeng selain berpotensi terjadi gempa bumi juga terjadi kegiatan gunung api dan kemungkinan bahaya tsunami.

2.      Ekonomi
·         Fakta
a.       Pertamina merupakan badan usaha milik negara Indonesia.
b.      Pasar adalah tempat kegiatan transaksi jual beli.
c.       Setiap warga negara wajib membayar pajak.
d.      Indonesia menganut sistem ekonomi campuran.
e.       Kebutuhan manusia tidak terbatas jumlahnya.
·         Konsep
a.       Perusahaan
b.      Pasar
c.       Kebijaksanaan umum
d.      Sistem ekonomi
e.       Kebutuhan
·         Generalisasi
a.       Pertamina merupakan badan usaha milik negara yang sudah banyak tersebar di Indonesia, dan merupakan tempat pengisian bahan bakar.
b.      Pasar adalah tempat kegiatan transaksi jual beli dimana saja dan kapan saja. Pasar terbentuk jika ada penjual dan pembeli.
c.       Setiap warga negara wajib membayar pajak, pemungutan pajak dapat dipaksakan karena telah diatur oleh Undang-Undang. Hasil dari pembayaran pajak tidak dapat langsung dinikmati oleh pembayar pajak.
d.      Indonesia menganut sistem ekonomi campuran yang merupakan perpaduan antara sistem ekonomi bebas dan sistem ekonomi terpusat. Pemerintah turut campur tangan langsung dalam penguasaan dan pemanfaatan alat-alat produksi penting.
e.       Kebutuhan manusia tidak terbatas jumlahnya, sedangkan alat pemuas kebutuhan jumlahnya terbatas. Keadaan ini menuntut manusia melakukan pilihan dikarenakan kelangkaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya.

3.      Sejarah
·         Fakta
a.       Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah Kerajaan Kutai.
b.      Proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah pada tanggal 17 Agustus 1945.
c.       Sistem tanam paksa mendatangkan keuntungan yang sangat besar bagi pemerintah kolonial belanda.
d.      Meganthropus Paleojavanicus adalah jenis manusia tertua yang hidup di Jawa.
e.       Tanggal 29 September 1955-15 Desember 1955 merupakan pemilu pertama sejak proklamasi kemerdekaan.
·         Konsep
a.       Kerajaan
b.      Kemerdekaan
c.       Sistem tanam paksa
d.      Peradapan
e.       Pemilu
·         Generalisasi
a.       Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah Kerajaan Kutai terdapat di Kutai, Kalimantan Timur. Rajanya yang terkenal adalah Mulawarman, anak Aswawarman, cucu Kudungga.
b.      Atas berkat rahmat-Nya dan hasil perjuangan bangsa Indonesia selama berabad-abad, yang harus ditebus dengan pengorbanan harta benda dan jiwa. Akhirnya bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.
c.       Sistem tanam paksa mendatangkan keuntungan yang sangat besar bagi pemerintah kolonial belanda. Hasil-hasil penjualan tanaman ekspor ini telah menghasilkan pendapatan negara/pemerintah Belanda berlipat ganda, sehingga mereka dapat membayar hutang-hutangnya dan dapat membangun negerinya dengan darah dan keringat rakyat Indonesia.
d.      Meganthropus Paleojavanicus adalah jenis manusia tertua yang hidup di Jawa kira-kira 2 juta-1 juta tahun silam. Fosil tulang rahang bawah manusia purba jenis ini ditemukan oleh Ralph Von Koenigswald pada tahun 1941 didekat desa Sangiran, lembah sungai Begawan Solo.
e.       Tanggal 29 September 1955-15 Desember 1955 merupakan pemilu pertama sejak proklamasi kemerdekaan. Kabinet pertama setelah pemilu adalah kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri Ali Sastroamidjojo yang dikenal dengan kabinet Ali II.

6 comments:

  1. Sekedar saran, kalau back ground nya gelap, tulisannya jngan gelap.. Kan gk bisa kebaca..

    ReplyDelete
  2. Sekedar saran, kalau back ground nya gelap, tulisannya jngan gelap.. Kan gk bisa kebaca..

    ReplyDelete
  3. Ijin menambahkan, kalau bisa dikasoh tema juga ya kak:)

    ReplyDelete